Diberdayakan oleh Blogger.

SEJARAH DAN KIPRAH NW KOTA BATAM PROV. KEPRI



A. PENDAHULUAN 
Organisasi Nahdlatul Wathan disingkat NW adalah Organisasi keagamaan islam  yang bergerak dalam bidang  bidang Pendidikan, Social dan Dakwah Islamiyah. Organisasi ini didirikan oleh seorang ulamak masyhur nusantara bernama Tuan Guru Kiayi Hajji.Muhammad Zainuddin Abdul Madjid pada tanggal 1 Maret 1953 bertepatan dengan 15 Jumadil Akhir 1372 Hijriyah.
Satu-satunya ulama' besar di bumi sasak ( Lombok ) yang memiliki keilmuan luas serta sangat diakui oleh ulamak-ulamak dari Makkatul Mukarramah. Kemuliaan yang dimiliki oleh pendiri NW merupakan salah satu modal besar untuk menyebar luaskan Organisasi tersebut oleh para santri dan murid-muridnya keberbagai pelosok nusantara bahkan sampai ke-manca negara seperti malaysia,singapura dan lain-lain.
Akta pendirian organisasi NW dibuat dihadapan pemangku jabatan Sekretaris Daerah Lombok, Hendrik Alexander Malada merangkap sebagai Notaris di Mataram dengan Akta Notaris Nomor 48. Selanjutnya dalam rangka penyempurnaan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi NW, dihadapan Notaris pengganti Sie Ik Tiong di Jakarta dibuat akta Notaris Nomor 50 pada tanggal 25 Juli 1960 dengan Pengakuan dan Penetapan Menteri Kehakiman pada tanggal 17 Oktober 1962 No.J.A.5/105/5 serta dimuat dalam Berita Negara Republik Indonesia tanggal 8 Nopember 1960.No.90.
Pendirian organisasi NW dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan adanya suatu badan yang dapat berfungsi sebagai koordinator, pembimbing dan pengayom dari kegiatan Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) dan Madrasah Nahdlatul Banat Diniyah Islamiyah (NBDI) yang telah berkembang pesat dengan banyaknya cabang-cabang kedua madrasah itu tersebar diberbagai wilayah dan desa di Pulau Lombok. Kedua madrasah itu, NWDI dan NBDI kini telah diintegrasikan menjadi Pondok Pesantren Syaik Zainuddin NW (PPSZNW) Anjani yang menjadi induk madrasah NW yang tersebar diwilayah nusantara.
Seiring dengan berkembangnya organisasi NW beserta amal usahanya dalam bidang pendidikan,sosial dan dakwah  maka Organisasi Nahdlatul Wathan sampailah di Tanah Melayu ( Provinsi Riau ). Organisasi Nahdlatul Wathan ( NW ) telah hadir ditengah-tengah pangkuan masyarakat melayu sejak tahun 1987-an, yang di bawa oleh beberapa alumni Madrasah NW dari lombok antara lain adalah H.Rumasi Idris,Mustakim dkk serta alumni-alumni Madrasah NW lainya yang tidak dapat disebutkan secara lengkap mengingat orang-orang tersebut telah berpindah ke daerah-daerah lain untuk mengembangkan Organisasi Nahdlatul Wathan, dan ada pula yang telah kembali ke kampung halamanya.

B. LEGALITAS 

Kehadiran Organisasi NW ditanah melayu telah banyak membawa angin segar utamanya telah ikut serta memberikan penerangan agama dan pendidikan keislamanya dalam rangka pencerahan terhadap masyarakat utamanya masyarakat melayu yang ada di Batam. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan keberadaan lembaga-lembaga pendidikan yang didirikan oleh Organisasi NW, seperti TPA,MDA,MI,MTs,MA, Panti Asuhan dan lembaga-lembaga pendidikan sosial da'wah non formal lainya . Utuk keperluan legalisasi, dalam rangka pengembangan amal usaha Organisasi NW di tanah melayu ini, Pengurus Besar ( PB ) NW menginstruksikan untuk membentuk kepengurusan NW Perwakilan Riau. Atas saran PB NW tersebutlah maka secara legalitas Kepengurusan Organisasi Nahdlatul Wathan ditetapkan keberadaanya melalui Surat Keputusan PB NW . No.549/C.Kpt/PBNW/X/2001 dan di Revisi melalui Keputusan No.667/PBNW/X/C.Kpt/2002. 

C.  AZAZ,AQIDAH DAN TUJUAN ORGANISASI NW

Nahdlatul Wathan sebagai organisasi kemasyarakatan melaksanakan segala amal usaha dan kegiatannya sesuai dengan azas organisasi. Sedangkan sebagai organisasi keagamaan islam, Nahdlatul Wathan menganut dan menerapkan syariat islam sesuai aqidahnya.
Azas dan aqidah organisasi merupakan landasan perjuangan organisasi dalam mencapai tujuannya. Pasal 2 Anggaran Dasar Nahdlatul Wathan menetapkan :
Azas : Nahdlatul Wathan berazaskan Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.
Aqidah : Nahdlatul Wathan beraqidah Islam Ahlusunnah Wal Jamaah ala Mazhabil Imam Syafii RA.
Tujuan : Li i'llali Kalimatillah Waizzil Islam Wal Muslimin dalam rangka mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

D. LEMBAGA PENDIDIKAN DAN DAKWAH YANG DI KELOLA 

Sejak keberadaanya di tanah melayu ( Kota Batam ) khususnya, Nahdlatul Wathan senantiasa melebarkan sayap perjuangan, menjalin kerja sama dengan masyarakat dan pemerintah setempat untuk membangun lembaga-lembaga pendidikan,lembaga kesejahteraan sosial,serta lembaga dakwah penerangan islam untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan tercapainya cita-cita bangsa indonesia " Mnuasia yang sejahtera lahir dan Bathin ". Adapun lembaga pendidika, sosial dan dakwah yang telah didirikan oleh Nahdlatul Wathan antara lain meliputi :

* PENDIDIKAN FORMAL/ NON FORMAL
1. Taman Pendidikan Al-Qur'an  NW ( di Pulau Kasu Batam )
2. Madrasah Diniah Awaliyah NW ( di Pulau Jaloh Batam )
3. Pendidikan anak Usia Dini NW ( di Pulau Kasu Batam ) 
4. Madrasah Ibtidaiyah NW ( di Pulau Kasu Batam )
5. Madrasah Tsanawiyah NW ( di Tanjung Riau Batam )
6. Madrasah Aliyah NW ( di Tanjung Riau Batam )
7. Sekolah Menengah Pertama IC NW ( di Kp.Bukit Tg.Riau Batam )
8. Sekolah Menengah Kejuruan IC NW ( di Kp.Bukit Tg.Riau batam )
9. Ponpes Nahdlatul Wathan ( di Tanjung Riau Batam )
10. Ponpes IC NW ( di Kp.Bukit Tg.Riau Batam )

** LEMBAGA SOSIAL 
1. Panti Asuhan NW ( di Tg.Riau Batam )
2. Panti Asuhan IC NW ( di Kp.Bukit Tg.Riau Batam )
3.  Panti Asuhan Insanul Madani NW ( Batu Aji Batam )
4. Panti Asuhan Darul Ihwan NW ( Pulau Kasu Batam )
5. Panti Asuhan KITA NW ( Batu Aji )
6. Panti Asuhan HIZBUL Wathan ( Batu Aji Batam )
7. Panti Asuhan Anjum NW ( Batu Aji Batam ) 

*** LEMBAGA DAKWAH 
1. Majelis Taklim
2. Persatuan Alumni MDQH NW
3. Bergabung ( Keanggotaan ) PMB Kota Batam 
4. Lembaga Tilawatil Qur'an
5. Jama'ah HIZIB NW]
6. dan lain-lain

E. PENUTUP

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan peradaban masyarakat, Organisasi Nahdlatul Wathan  terus berinteraksi dan berbenah diri dengan meningkatkan potensi baik secara keilmuan,kiprah maupun pengabdianya terhadap masyarakat. Semoga NW jaya di Nusantara ini seta di tanah melayu dan tetap mengayomi masyarakat dalam rangka menciptakan kehidupam yang islami,agamais dan modern. Amin.

Judul : SEJARAH DAN KIPRAH NW KOTA BATAM PROV. KEPRI
Url : http://hifzulxzam.blogspot.com/2014/04/sejarah-dan-kiprah-nw-kota-batam-prov.html
Pada : Sabtu, 12 April 2014
Oleh : Unknown
Respond : 0
Share :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © · Xzam is my Choise ~ Template by xzam